Pages

Review Open Windows





                Film garapan Nacho Vigalondo ini bercerita tentang seorang penggemar yang memenangkan kontes berhadiah makan malam dengan artis idolanya. Sutradara asal Spanyol ini mengambil latar di negaranya sendiri tepatnya di Madrid dan di Austin, Texas. Film yang ditulis sendiri olehnya ini terinspirasi setelah dia diminta untuk membuat film thriller yang berkaitan erat dengan internet. Film yang dibintangi oleh Elijah Wood dan Sasha Grey ini tayang pertama kali di dunia pada 10 Maret 2014 di South by Southwest (SXSW). Film Open Windows ini adalah film pertama Vigalondo yang dibuat dalam bahasa Inggris.

                Film dimulai dengan adegan beberapa orang yang berada dalam sebuah tempat bermain boling, kemudian keadaan menjadi kacau setelah tempat tersebut diserang sekelompok psikis. Itu adalah cuplikan dari film yang dibintangi oleh Jill Goddard (Sasha Grey), “Dark Sky”. Saat itu adalah penayangan perdana pemutaran cuplikan film “Dark Sky” yang sedang ditonton oleh Nick Chambers (Elijah Wood) secara online. Nick menonton acara tersebut dari dari sebuah hotel di Austin. Ia pergi ke Austin karena memenangkan sebuah kontes berhadiah makan malam bersama artis idolanya Jill berkat blog yang dibuatnya, jillgoddardcaught.com.

                Masalah dimulai ketika Nick diberitahu oleh seseorang bernama Simon Chord bahwa kontes tersebut dibatalkan. Kemudian Chord memberikan akses terhadap handphone Jill, sehingga Nick bisa melihat semua yg dilakukan Jill saat sedang menggunakan handphonenya. Chord memanipulasi Nick untuk melakukan semua hal yang ia perintahkan. Setelah Nick meninggalkan hotel dan disuruh untuk pergi menuju suatu tempat, di tempat tersebut Nick diberikan akses lagi terhadap laptop Jill. Nick yang tahu Jill sedang dalam bahaya berusaha untuk menolong Jill dan mengejar Chord untuk menghentikannya.

                Dalam pengejarannya, Nick dibantu oleh tiga orang hacker asal Perancis untuk menghentikan Chord. Para hacker itu tidak sengaja menganggap Nick adalah Nevada, seorang peretas sekaligus agen yang banyak menjalankan misi revolusi. Pengejaran berhenti di sebuah gudang. Di gudang inilah terjadi klimaks dalam film ini, dan juga sebuah twist yang mungkin kita semua tidak akan menyangkanya.

                Salah satu hal yang menarik dalam film ini yaitu twist pada akhir di film ini, dan juga desain serta pengambilan gambar pada jendela-jendela yang terbuka di laptop Nick. Meskipun tidak semua orang paham akan maksud dari jendela-jendela tersebut, kecuali orang-orang yang memang menggeluti bidang perkomputerisasian. Banyak juga hal-hal yang terjadi tanpa adanya penjelasan yang pasti terhadap adegan-adegannya. “Open Windows” benar-benar menggambarkan keadaan di era saat ini dimana orang tak dikenal di internet dan kurangnya privasi dari artis menjadi sangat nyata.

                Di dalam film ini kita disuguhi berbagai macam tampilan GUI dari berbagai macam jendela yang terbuka. Di awal film kita diberitahu bahwa kita dapat mengambil gambar dari video yang sedang berjalan, bahkan video tersebut merupakan siaran langsung dari sebuah acara. Kemudian muncul sebuah notifikasi bersuara yang jika kita klik akan muncul sebuah jendela baru. Cara lainnya yaitu pada saat Chord memberikan sebuah link yang jiga digeser ke halaman website tersebut akan mengubah arah dari kamera yang kita lihat. Hal yang paling menakjubkan adalah alat yang dimiliki oleh Nevada, gadget dan server yang dimilikinya dapat mengakses hampir seluruh jaringan yang terhubung ke internet dengan sangat mudahnya.




Referensi:

0 Komentar:

Posting Komentar