Pages

TUGAS 2 ILMU SOSIAL DASAR



  1. Jelaskan definisi mengenai penduduk, masyarakat, dan kebudayaan! 
  2. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk! 
  3. Jelaskan unsur-unsur masyarakat! 
  4. Jelaskan tujuh unsur kebudayaan menurut Koentjaraningrat! 
  5. Jelasakan hubungan atau keterikatan antara penduduk, masyarakat, dan kebudayaan! 




1. Jelaskan definisi mengenai penduduk, masyarakat, dan kebudayaan!

  • Penduduk adalah kumpulan manusia yang tinggal di wilayah tertentu.
  • Masyarakat adalah sekelompok orang atau individu yang terlibat satu sama lain dalam suatu hubungan secara terus-menerus yang terjadi dalam kelompok tersebut.
  • Budaya atau kebudayaan adalah cara hidup yang dimiliki oleh suatu kelompok yang diwariskan secara turun-temurun.




2. Jelaskan definisi mengenai penduduk, masyarakat, dan kebudayaan!      Secara umum ada 3 faktor utama yang memengaruhi pertumbuhan penduduk, yaitu: kelahiran, kematian, dan migrasi.
  • Kelahiran adalah suatu proses dimana anak dikeluarkan dari rahim ibunya. Kelahiran dapat menambah angka kependudukan suatu wilayah. Salah satu faktor pemicu melonjaknya angka kelahiran yaitu seks bebas, sedangkan salah satu faktor penghambat angka kelahiran yaitu program keluarga berencana.
  • Kematian adalah hilangnya nyawa dalam suatu makhluk hidup. Kematian dapat mengurangi angka kependudukan suatu wilayah. Kematian dapat disebabkan oleh penyakit atau kecelakaan. Banyaknya jenis penyakit dan maraknya kecelakaan saat ini menjadi salah satu faktor penyebab drastisnya penurunan angka kependudukan suatu wilayah.
  • Migrasi adalah peristiwa berpindahnya suatu individu atau kelompok dari suatu wilayah ke wilayah lainnya. Migrasi dapat menambah dan mengurangi angka kependudukan. Misalnya seseorang pergi dari suatu negara ke negara lain, dalam hal ini dia berperan mengurangi angka kependudukan di negara asalnya, namun dia menambah angka kependudukan di negara tujuannya tersebut.


3. Jelaskan Unsur-unsur masyarakat!
     Menurut Soerjono Soekanto alam masyarakat setidaknya memuat unsur sebagai berikut ini :

  1. Berangotakan minimal dua orang.
  2. Anggotanya sadar sebagai satu kesatuan.
  3. Berhubungan dalam waktu yang cukup lama yang menghasilkan manusia baru yang saling berkomunikasi dan membuat aturan-aturan hubungan antar anggota masyarakat.
  4. Menjadi sistem hidup bersama yang menimbulkan kebudayaan serta keterkaitan satu sama lain sebagai anggota masyarakat.
     Penjelasan:
  1. Beranggotakan minimal dua orang. Masyarakat adalah sekelompok orang atau individu yg saling berinteraksi satu sama lain. Jadi tidak mungkin disebut masyarakat jika di suatu wilayah hanya ditinggali oleh seorang manusia saja.
  2. Anggotanya sadar sebagai satu kesatuan. Di dalam masyarakat haruslah terjadi interaksi satu sama lain. Agar mereka bisa saling mengenal dan menjadi satu kesatuan.
  3. Berhubungan dalam waktu yang cukup lama dan menghasilkan manusia baru yang saling berkomunikasi dan membuat aturan-aturan hubungan antar anggota masyarakat. Tidak mungkin suatu masyarakat dapat saling mengenal jika interaksi satu sama lainnya dalan jangka yang singkat. Interaksi dalam jangka yang cukup lama membuat mereka dapat saling mengenal hingga mereka menikah dan menghasilkan keturunan yang bisa meneruskan interaksi dalam anggota tersebut. Aturan-aturan dibuat untuk membuat batasan dalam berinteraksi satu sama lain agar tercipta interaksi yang sesuai nilai dan norma.
  4. Menjadi sistem hidup bersama yang menimbulkan kebudayaan serta keterkaitan satu sama lain sebagai anggota masyarakat. Interaksi yang terjadi dapat membuat cara hidup tersendiri dalam anggota masyarakat tersebut. Cara hidup tersebut misalnya adat, adat tersebut dilakukan setiap orang dalam anggota tersebut. Sehingga mereka saling berkaitan satu sama lain untuk melakukan adat daerah mereka.


4. Jelaskan tujuh unsur kebudayaan menurut koentjaraningrat!
     Menurut Koentjaraningrat ada tujuh unsur kebudayaan universal, yaitu:
  • Sistem kepercayaan (sistem religi) 
  • Sistem pengetahuan 
  • Peralatan dan perlengkapan hidup manusia 
  • Mata pencaharian dan sistem-sistem ekonomi 
  • Sistem kemasyarakatan 
  • Bahasa 
  • Kesenian 


Penjelasan:

  • Sistem kepercayaan (sistem religi). Sistem ini sangat diperlukan untuk menghadapi ketidakberdayaan manusia dalam menghadap permasalahan yang sulit diterima akal 
  • Sistem pengetahuan. Dengan pengetahuan, manusia dapat memenuhi segala macam kebutuhan hidupnya akan rasa ingin tahu. 
  • Peralatan dan perlengkapan hidup manusia, atau disebut juga sebagai teknologi. Dengan teknologi, manusia akan semakin mudah memenuhi segala macam kebutuhannya. 
  • Mata pencaharian dan sistem-sistem ekonomi. Memudahkan manusia untuk memenuhi kebutuhan produksi, distribusi, maupun konsumsi. 
  • Sistem kemasyarakatan. Manusia memiliki kecenderungan untuk berkelompok, sehingga mereka terdorong untuk membentuk keluarga dan kelompok sosial yang lebih besar. 
  • Bahasa. Tanpa bahasa, baik lisan, tulisan, maupun isyarat, manusia akan kesulian untuk berkomunikasi. 
  • Kesenian. Dengan kesenian, manusia mampu mengapresiasikan perasaan seninya untuk memenuhi kebutuhan rekreasi. 


5. Jelasakan hubungan atau keterikatan antara penduduk, masyarakat, dan kebudayaan!
     Sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakan itu sendiri. Istilahnya adalah “cultural-determinism”. Di mana hal yang membentuk suatu masyarakat adalah individu-individu yang mana disebut sebagai penduduk. Jadi hubungan antara ketiganya adalah penduduk menyebabkan terjadinya masyarakat dan masyarakat pasti memiliki kebudayaan.




Referensi:
Wikipedia
organisasi.org
anneahira.com
carolusjoseph.com

0 Komentar:

Posting Komentar